Makalah Pengaruh Globalisasi Terhadap Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

Post kali ini kami bagikan  Makalah Pengaruh Globalisasi Terhadap Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) file dokument microsoft word. Tugas tersebut dibuat dan dikerjakan untuk memenuhi tugas dari guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Seperti apa bentuk dan isi makalah tersebut :
 Pengaruh Globalisasi Terhadap Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)
 Pengaruh Globalisasi Terhadap Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

MAKALAH PKN
“PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP TIK”

Oleh :
1. Siti Mutmainah
2. Siti Nurkholifah
3. Siti Handayani
4. Suroto
5. Susilowati

SMA NEGERI 1 CLURING
Jln. H. Huzaini Tlp (0333) 397306 Benculuk Banyuwangi
Kode Pos 68482 Website: www.sman1cluring.sch.id
 Email: samn1cluring@yahoo.co.id

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan  kepada  Allah SWT, berkat limpahan rahmat dan karnuia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas penyusunan  Makalah PKN tentang “Pengaruh Globalisasi Terhadapat TIK”
Makalah ini dibuat untuk memberikan tambahan pengetahuan  kepada pembaca serta pemenuhan  syarat kompetensi pembelajaran PKN.
Tantangan zaman yang menghadang bangsa kita, sekarang banyak  yang berkaitan dengan masalah sosial – politik. Sehubungan dengan itu, dalam kedudukannya  sebagai ilmu kewarganegaraan  sudah sepantasnya berada di terdepan untuk memberikan pemikiran yang kritis, alternative teoristis dan menjawab tantangan.
Pelajaran PKN berfungsi meningkatkan  kemampuan  berfikir, berilaku dan berinteraksi dalam keragaman realitas masyarakat. Sedangkan  tujuannya mencakup dua sasaran  yaitu sebagai  kognitif dan secara praktif. Dalam penyusunan makalah ini tidak terlepas dari peran  serta berbagai  pihak yang telah membeikan  saran maupun  masukan-masukan  guna menyempurnakan  makalah ini. Untuk itu  kami mengucapkan  terima kasih yang sedalam-dalamnya.
Akhir kata, perkenankanlah kami mengutif pepatah lama yang berbunyi “ Tak ada gading yang tak retak, Tak ada mawar yang tak berduri” kami selalu terbuka dan seobjektif mungkin terhadap kritik dan saran yang membangun guna memperbaiki kesalahan dalam  pembuatan makalah ini.

Cluring, …………..

DAFTAR ISI
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii

BAB I   PENDAHULUAN
1. Latar Belakang  1
2. Rumusan Masalah  1
3. Tujuan  1

BAB II  PEMBAHASAN
1. Fenomena Globalisasi TIK  2
2. Dampak Globalisasi  2

BAB III PENUTUP
1. Saran  4

BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Globalisasi merupakan salah satu proses perubahan  sosial yang  menyebabkan seseorang, sekelompok orang, atai suatu negae saling dihubungkan  dan saling dibutuhkan  dengan masyarakat atas negara lain. Akibat kemajuan  Teknologi Informasi Komunikasi.
Pada era Globalisasi ini masyarakat atau Negara harus bisa mengambil unsur-unsur positif dari perubahan globalisasi ini. seperti perkembangan sarana komunikasi, ilmu pengetahuan,  cara berfikir kritis, rasional dan menghargai waktu.
Namun  pada saat ini masyarakat Indonesia belum mampu menghilangkan sisi negativ dari globalisasi. Masyarakat Indonesia hanya cenderung mengikuti budaya-budaya luar negeri dan hanya cenderung memanfaatkan  Teknologi Informasi hanya untuk hal-hal yang negativ  yang tidak sesuai untuk masyarakat Indonesia, sehingga banyak kontroversi yang timbul.
Berdasarkan  fakta-fakta diatas maka penulis hendak membahas mengenai “Pengaruh Globalisasi Terhadap Bangsa Indonesia”.

2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang terdapat pada latar belakang diatas beberapa hal yang hendak dibahas  adalah :
1) Apakah dampak globalisasi pada TIK ?
2) Bagaimana masyarakat menyikapi  tantangan  terhadap globalisasi ?

3. Tujuan
Berdasarkan uraian yang  terdapat pada  rumusan masalah diatas, tujuan  yang diperoleh dari  dari penulis adalah :
1) Untuk mengetahui akibat dari dampat globalisasi  terhadap TIK
2) Untuk mengetahui cara menyikapi  tantangan terhadap dampak globalisasi

BAB  II  PEMBAHASAN
1. Fenomena “Globalisasi Terhadap TIK”
Globalisasi merupakan salah satu proses perubahan  sosial yang  menyebabkan seseorang, sekelompok orang, atai suatu negae saling dihubungkan  dan saling dibutuhkan  dengan masyarakat atas negara lain akibat dari kemajuan teknologi informasi komunikasi diseluruh penjuru dunia. Hubungan yang lebih efektif menyebabkan  unsur-unsur budaya asing menjasi mudah masuk ke suatu Negara.
Dengan adanya globlasasi  Terhadap  Teknologi Informasi Komunikasi  menuju kearah yang  lebih modern  yang secara  global  dapat menyeluruh, masyarakat tidak ketinggalan jaman yang dapat bersaing dengan Negara-negara yang maju. Namun dengan semakin canggihnya teknologi informasi komunikasi  juga membawa dampak positif dan negativ.

2. Dampak Positif “Globalisasi Terhadap TIK”
Masyarakat menjadi tidak  ketinggalan teknologi (Gaptek)
dengan adanya teknologi informasi  yang lebih modern masyarakat Indonesia tidak akan ketinggalan jaman atau Gaptek sehingga   mampu bersaing dengan Negara-negara maju.
 Masyarakat akan lebih mudah mendapatkan sara komunikasi.
Dampak positif dengan adanya globalisasi masyarakat akan lebih mudah mendapat informasi  perkembangan alat  komunikasi semakin maju
 Tingkat perekonimian akan  semakin lancer dan maju. Karena bisnisnya semakin lancer dengan  adanya sarana komunikasi
 Pengetahan akan lebih luas
Bansa Indonesia akan menjadi lebih kreatif

3. Dampak Negatif “Globalisasi Terhadap TIK”
Dampak negativ dari globalisaasi yaitu masyarakat akan lebih mudah mengakses film-film porno aksi yang akan merusak  jati diri bangsa Indonesia. Moral bangsa Indonesia akan menjadi rusak karena pengaruh  oleh budaya luar karena semakin majunya  sarana teknologi informasi.  Perubahan prilaku dalam pergaulan akan terjadi pola prilaku yang menyimpang.

BAB  III  PENUTUP
1. Saran
Dampak globalisasi TIK akan membawa pengaruh positif dan negativ terhadap suatu bangsa atau Negara tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Kita harus pintar-pintar memilah dan memilih. Sehingga kita tidak akan terjerumus  kedalam hal-hal yang negativ. Kita harus  bisa memanfaatkan  TIK untuk sarana yang positif atau hal-hal positif bukan untuk hal-hal yang negatif  kita harus bisa menjaga pola prilaku dan moral  kita sebagai  bangsa Indonesia  yang mempunyai tata kram yang baik, jangan sampai  moral bangsa Indonesia ini tercoreng.

Dowwload Makalah Format Microsoft Word (.doc)
Pengaruh Globalisasi Terhadap Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)

Comments